Yes or No… belajar dari kesalahan

Ilmu Tanpa Batas “Berbagi Ilmu & Pengalaman”

Dulu sewaktu kuliah pertama kali,… saya menyadari saya itu bodo gak bisa apa apa, mungkin kalaupun saya sudah pinter saya gak mungkin kuliah…wuakakakaaakkkakk… 🙂

Pertama kali mengenal komputer ya waktu kuliah ini. Di SMA dulu ada seh komputer tapi cuma liat duank, mau pegang takut rusak. Maklum orang desa gak tau teknologi.

Jujur j saya juga gak niat kuliah, Masuk komputer cuma coba coba. Eh gak tau witing Tresno jalaran seko kulino, Loving ma yg namanya komputer, pe sekarang neh tetep bodo ma komputer… Ilmunya banyak seh… karena saya sadar Ilmu Tanpa Batas.

Awal masuk kuliah seh biasa biasa j cm modal kertas buat ngadem ademin hati dosen syarat ikut pelajaran He3X… la wong kuliah gak pernah bawa kertas o… modal kepala… wuakakakkakkk…🙂

Pada awal kuliah saya rencana gak membeli komputer, gak pnya duwit. Eh tugas banyak… pulang ke rumah maksa ortu beli komputer… maksa ortu yah? iya di paksa…. He3X…

Minta bantuan seorang teman sebut j Mr M, wow hebat dia! ngrakitin sebuah komputer, Alhamdulillah dia mau bantu. Akhirnya Q punya komputer. gak takut lg pegang-pegang, “Rusak kan komputer ndiri…” he3X…🙂

Beberapa minggu kemudian Tiba saatnya “BOM” masalah. “Hadisk ku knp?” aduh… koq begini… bingung saya. Saya tidak bisa menangani karena setiap ada masalah saya selalu minta bantuan ke Mr M. Saya cb hubungi dia, dia bilang “wah gak iso minggu ini, minggu depan ae piye?” aduh saya bingung padahal komputer pengin saya pakai buat ngerjain tugas. Saya bingung “gimana caranya biar kompter saya bisa sehat kembali?” wah duwit meneh ki…

Oh ya saya belum cerita kenapa komputer saya rusak yah, begini ceritanya…

Suatu malam saya bermain utility yang namanya Norton Disk Doctor… nah tau gak utility itu? Utility itu fungsinya untuk mengecek keadaan hardisk… scaning hardisk…

saya menyadari bahwa saya seorang yang sangat jenius, berbahasa English, sombong dikit yah… gpp lah…🙂

Karena kejeniusan saya sampai-sampai saya gak baca keterangan dari pesan Error yang di munculkan oleh Norton Disk Doctor tersebut. Biasa kl orang Indonesia kl “Yes” kan jalan terus…🙂 nah itu saya… saya jawab “YES” terus… sampe-sampe hardisk membentuk primarykey duplikat… trus hardisk rusak deh… Saya bingung…. “Gimana caranya biar komputer idup & tugas selesai…”

Nah inilah pengalaman yang membuat saya terkesan, belajar dari kesalahan. Bukan berarti “Yes” itu lanjut terus… ya bener lanjut terus tapi lanjut kemana?🙂

Tunggu Mr M lama…. terpaksa deh cari jawaban ndiri…😦

Wah saya mikir? “?” cari jawaban dimana? tanya temen? trus pa lagi ya? oh Internet? Waktu itu saya belum bisa buka Internet… warnet pun belum pernah masuk… jangan bilang saya katrok ya… tp saya sadar memang saya tidak bisa internet. tapi saya berusaha bagaimana biar komputer saya bisa sehat…

Alhamdulillah di perpus da majalah “Komputek”, sebelumnya saya minta maap saya mengakui saya menyobek kertas tengah dari Komputek, maap bagi petugas perpus saya bersalah… lha ilmunya da disitu seeeeh… he3X…

Pulang ke kost, saya praktekkan… try error… eh malah ya error… gak mudeng lagi…

Hari berikutnya ada ide ke Gramedia, ngajak temen ah… wah tp bingung uang mepet… mau naek angkot nanti gak makan… uang tinggal berapa ribu duank… maap wkt itu akhir bulan… uang paling tinggal buat makan… Alhamdulillah ada sahabat yang mau di ajak jalan kaki bareng dari Kampus ke Gramedia padahal jauh loh… panas lagi, wah The Best Pren deh buat Mr B…

Tiba saatnya pulang ke kost saya catat ilmu yang saya dapat dari Gramed, saya bawa catatan kecil diselipin di saku,

Setelah sampai di kost, sholat dulu ah biar pikiran tenang…

Coba instal windows lagi ah… barang kali bisa… result “ERROR blue screen”

Try error komputer lagi… yups-yups bingung…😦

“wah pye ki…”

Akhirnya cb hubungi Mr M lagi… “Mas pye ki… ayo teko kost…” dia bilang tetep gak bisa… wah bingung saya… padahal komputer masih baru… rusak…. “Insstal ulang…. apa di Partisi ulang ae pye… gen kyo HDD anyar… fresh partisi” di bilang gt…

wah bingung mau partisi pake pa? wong komputer jg gak mudeng…

Oh ya inget da 1 box disket kunooooo…. very very kuno… waalah orang liat pasti yo males, tp JOSS… Sipp bener disket ini, berutung tertinggal di kamar kostQ. tau gak disket siapa? disket Mr M tertinggal di Kost.

Buka satu-satu ah… masih inget wkt Mr M buka hdupin komputer pake salah satu disket… kalaupun sekarang namanya Booting komputer dengan startup.

Coba semua try n Error….

Saya coba booting… saya coba format… saya coba partisi, saya coba terus… mau salah pa apalah… “luweh…” udah ah di ikhlasin datanya…

Alhamdulillah dari waktu 1 minggu komputer sehat… Mr M datang…

Tak lupa saya berucap syukur to Allah SWT yang telah memberi saya ilmu, pengalaman. Bapak & Ibu yg senantiasa membimbingku,

Thank’s to Mr “M” n The Best pren Mr “B”

“Belajarlah dari kesalahan” coba terus dan terus di coba… Ilmu Tanpa Batas… “…Berbagi Ilmu & Pengalaman…”

Kalaupun ada suatu pesan “!” or “?” bacalah keterangan dan pahami apa maksudnya, jangan cm “Yes” or “No” y kl pikiran dah buntu gpp,,, saya jg sering… wuakakaaakakkk..🙂

Wassalamualaikum wr wb

Tinggalkan Balasan

